Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Migrain adalah sakit kepala yang timbul karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Perubahan ini menyebabkan timbulnya rasa sakit di kepala dengan sensasi berdenyut yang teramat sangat menyakitkan. Sering kali migrain juga diikuti dengan:

  • Meningkatnya sensitivitas tubuh terhadap cahaya, suara, dan bau.
  • Rasa sakit yang dapat bertahan beberapa jam hingga berhari-hari.
  • Beberapa gejala lain seperti rasa mual, muntah-muntah, rasa nyeri di belakang satu mata atau telinga, hilangnya kemampuan penglihatan sementara, serta hanya terjadi pada satu sisi dari kepala.
  • Gejala-gejala aura. Aura adalah sensasi yang biasanya akan Anda rasakan sebelum atau saat Anda mengalami migrain. Aura ini sendiri biasanya terjadi selama 10 hingga 30 menit. Kondisi yang akan terjadi selama aura adalah masalah penglihatan (seperti melihat cahaya terang, garis, atau “bintang-bintang”), merasa kesemutan pada leher, wajah, maupun tangan. Selain itu, penderitanya mungkin akan mengalami kesulitan berbicara atau kemampuan dasar lainnya (seperti menulis atau membaca).

Cara mengatasi migrain secara alami efektif yang dapat anda lakukan adalah mengurangi frekuensi maupun tingkat keparahannya, dengan mengubah gaya hidup tidak sehat.

 1. Minum Jahe hangat Selain berfungsi untuk meredakan mual, minuman jahe memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi yang dapat melawan efek dari prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memicu peradangan pada pembuluh darah di otak sehingga memicu migrain.

 2. Menjaga kadar serotonin Umumnya penderita migrain memiliki kadar serotonin yang rendah. Untuk meningkatkan hormon tersebut, konsumsi makanan yang kaya protein seperti telur, susu olahan, ayam, kurma, pisang, dan kacang-kacangan.

3. Jauhi pemicu penyakit Hindari stres, pola tidur tidak teratur, olahraga terlalu berat, aroma yang menyengat, atau nikotin yang berpotensi menyempitkan pembuluh darah di otak.

4. Istirahatkan tubuh anda Ketika migrain menyerang, tidur dapat menjadi solusi yang baik untuk relaksasi sistem otak.

5. Penuhi asupan zat besi Anemia dapat memicu migrain. Jika migrain yang anda derita selalu disertai dengan letih dan lesu, sebaiknya perbanyak asupan zat besi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau atau hati ayam.

6. Menjaga kadar gula darah Ketika kadar gula darah mengalami penurunan, maka tubuh akan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Kondisi ini menyebabkan kenaikan tekanan darah. Pilihlah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti yogurt, keju rendah lemak, serta buah-buahan dan sayuran.

7. Perbanyak asupan Magnesium Kebutuhan akan magnesium yang tidak tercukupi bisa menyebabkan aliran darah yang menuju otak mengalami penurunan, begitu juga dengan gula darah. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti tomat, kentang, biji-bijian, oat, dan kacang polong.

8. Hindari makanan yang mengandung MSG Jauhi penggunaan bahan tambahan seperti pemanis buatan, pewarna makanan, minuman bersoda, ataupun monosodium glutamat.

9. Perbanyak minum air Dehidrasi merupakan salah satu penyebab migrain. Jaringan otak akan menyusut, ketika kekurangan asupan cairan.

10. Kurangi penggunaan ponsel Radiasi elektromagnetik berpotensi memicu serangan migrain. Jauhkan ponsel, ketika anda tidak menggunakannya.

11. Olahraga ringan Bagi sebagian penderita, cara ini efektif untuk meredakan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melancarkan peredaran darah. Jangan melakukannya secara berlebihan!

12. Cobalah Hidroterapi Celupkan kaki anda ke dalam air dingin, kemudian tempelkan handuk hangat pada leher. Cara ini mampu memperlancar sirkulasi darah dari kepala ke kaki. Setelah itu, mandi menggunakan air hangat. Demikian beberapa cara mengatasi migrain secara alami, tanpa menggunakan obat kimia. Jaga kondisi tubuh anda supaya tetap sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Nah itu dia cara mengatasi migrain secara alami semoga dalam artikel kami kali ini dapat menambahkan informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *