Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

Pasti kalian semua pernah mendengar pepatah seperti ini “untuk mengubah hidupmu, ubahlah juga kebiasaanmu” jika diperhatikan dalam pepatah tersebut sangat berhubungan dengan kesehatan.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mata yang semoga dalam artikel ini dapat membantu kalian untuk merawat mata dengan lebih baik lagi

  1. Menatap layar gawai dalam waktu yang lama saat sebelum tidur
    Layar gawai adalah layar seperti yang ada pada laptop, notebook, TV, dan handphone. Jika kalian suka melihat layar gawai saat sebelum tidur dengan waktu lama mulai hentikan kebiasaan itu sekarang juga, dipercaya dengan menatap layar gawai dengan waktu yang lama dapat menyebabkan digital eye strain, atau yang bisa disebut dengan tegangnya syaraf mata akibat terlalu seringnya berinteraksi dengan layar digital. Gejala yang timbul seperti; mata kering, pandangan kabur, mual dan pusing.

  2. Bekerja dan membaca di tempat yang terbatas cahaya
    Mengerjakan pekerjaan dan membaca di tempat yang terbatas cahaya juga dapat mengganggu kesehatan mata, walaupun bekerja termasuk kebiasaan baik tapi perlu diperhatikan juga kesehatan mata kalian, karena jika tidak dengan kalian sering bekerja atau membaca di tempat yang terbatas cahaya akan membuat mata iritasi dan syaraf tegang.

  3. Seringnya mengucek ucek mata
    Terkadang kita memang sering mengucek mata pada saat terkena debu karena memang itu sangat mengganggu dan menyebabkan gatal pada mata, tapi yang perlu diketahui dengan kalian mengucek mata dapat membuat kuman masuk ke dalam mata dan yang lebih parahnya lagi kornea mata dapat robek apabila ada debu yang kasar saat kalian mengucek mata.

  4. Tidak menggunakan pelindung mata pada saat berolahraga atau kegiatan tertentu
    Ada beberapa kegiatan olahraga yang membutuhkan kalian untuk menggunakan pelindung mata, contohnya saat kalian sedang berolahraga dan dalam olahraga tersebut ada kegiatan dimana pemain perlu melemparkan sebuah bola, bagaimana jika bola dengan kecepatan yang sangat cepat melesat dan mengenai mata kalian, hal itu tentu dapat merusak dan merobek kornea mata kalian.

  5. Kurangnya jam tidur
    Ada saatnya mata membutuhakan waktu untuk beristirahat, oleh karena itu manusia membutuhkan waktu tidur 8 jam dalam sehari. Akan tetapi dengan adanya perubahan gaya hidup atau tuntutan pekerjaan membuat jam tidur berkurang. Banyak yang disebabkan apabila kurangnya jam tidur diantaranya adalah; naiknya berat badan, kelelahan, sampai depresi, kurangnya jam tidur juga dapat membuat kesehatan mata terganggu. Memaksakan mata untuk terus beraktifitas dapat membuat mata kering, pengelihatan kabur, dan berkedutnya mata.

  6. Kebiasaan terlalu sering merokok
    Siapa bilang merokok tidak dapat mengganggu kesehatan mata, ternyata merokok juga dapat mengganggu kesehatan mata terlebih lagi jika kalian terlalu sering sering merokok ada beberapa penyakit pada mata yang disebabkan oleh rokok diantaranya; katarak, glaukoma, sindrom mata kering, age related macular degeneration atau yang bisa disebut juga dengan degenerasi makula yang terkait dengan usia, kebutaan diusia senja.

  7. Tidak pernah melakukan medical checkup mata
    Jangan menganggap remeh medical checkup pada mata atau pemeriksaan medis secara rutin. Kalian tidak perlu melakukan medical checkup setiap bulan cukup satu tahun sekali itu sudah cukup. Dengan kalian melakukan medical checkup kalian akan tahu bagaimana kondisi tubuh kalian selama ini dan dapat ditangani secara langsung oleh ahlinya.
    memang medical checkup membutuhkan biaya, jika kalian ingin mencari tambahan untuk melakukan medical checkup bisa kalian mengunjungi situs judi online terpercaya di https://www.betking88.online/.

Meskipun kalian masih dapat melihat secara normal saat ini, tidak ada salahnya apabila kalian tetap memperhatikan dan merawat kesehatan mata kalian. Melakukan pemeriksaan pada mata secara rutin akan membuat kalian mencegah kemungkinan kalian terserang penyakit mata.

Untuk kalian yang menggunakan lensa atau kacamata periksalah mata kalian secara rutin dimana kalian akan dapat berkonsultasi dengan doktor mata kapan kalian harus mengganti ukuran kacamata yang cocok untuk mata kalian. Selain itu di era yang modern seperti saat ini kalian sudah bisa menggunakan metode lasik yang berguna untuk mengatasi mata minus kalian.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mata, semoga dalam artikel ini dapat membantu.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *